Sharing Memilih Sepeda

Saya mau sedikit sharing tentang sepeda, bagaimana pertimbangan saya memilih sepeda. Seperti yang sudah kita ketahui sepeda merupakan alat transportasi yang populer belakangan ini, banyak variabel yang mempengaruhinya terutama karena dengan bersepeda bisa menunjang kebugaran, sebagai alternatif karena polusi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, sehingga bagi orang yang menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan akan memilih yang ramah lingkungan, lebih murah perawatannya dan banyak faktor lainnya.

Karena saya sekarang masih tinggal di daerah Bandung, dan karena Bandung sendiri terkenal dengan daerah pegunungannya makanya kurang asyik rasanya kalau tidak punya sepeda sebagai alat transportasi yang multifungsi :D

Seperti yang kita ketahui jenis sepeda sendiri bermacam-macam dan disesuaikan dengan medan di daerah kita.

1. Daerah perkotaan

Kalau daerah kita di perkotaan atau daerah yang jalannya mulus tapi terkadang ada jalan yang sedikit kasar lebih cocok menggunakan sepeda dengan tipe hybrid. Jadi sepeda ini adalah sepeda yang memadukan dua unsur yaitu unsur sepeda roadbike atau sepeda balap dan mountai bike (MTB) atau sepeda gunung. Saat saya lihat-lihat di toko sepeda jenis hybrid desainnya tidak jauh beda dengan mountain bike tapi bannya lebih kecil jadi lebih cepat kalau dikayuh di jalanan, sebenarnya saya sendiri berniat membeli sepeda jenis ini tapi karena ada faktor lain makanya saya mengurungkan niat itu.

2. Daerah pegunungan

Kalau didaerah kita pegunungan lebih cocok menggunakan sepeda mountain bike (MTB) yang biasanya lebih kuat dan kekar tapi lebih berat juga dan bannya lebih besar dengan tekstur lebih kasar. Sepeda mountain bike pun dibagi lagi berdasarkan jenis medannya :

a. Sepeda Lintas Alam (XC)

Sepeda lintas alam atau XC sepeda yang dirancang khusus untuk melintasi alam dengan medan ringan hingga sedang dan biasanya hanya menggunakan suspensi depan untuk mengurangi benturan-benturan kecil.

b. Sepeda All Mountain Bike

Jenis sepeda ini didesain untuk melintasi pergunungan dan perbukitan yang mempunyai medan berat dengan bebatuan dan jalan-jalan yang kasar. Dengan medan yang seperti itu karena itulah jenis sepeda ini biasanya full suspension yang berarti suspensinya depan dan belakang untuk meminimalisir benturan-benturan.

c. Sepeda Downhill

Sepedan downhill adalah sepeda yang dirancang untuk menuruni pegunungan atau perbukitan, dengan desain yang lebih kokoh, stabil dan dirancang untuk bisa bermanuver di medan-medan yang eksterm.

3. Untuk Balapan

Sepeda Balap atau bisa juga disebut dengan Road Bike dan sesuai dengan namanya sepeda ini digunakan untuk balapan dengan desain yang ringan dan ban yang lebih kecil memungkinkan sepeda ini bisa lebih kencang dijalanan beraspal.

Nah itu sedikit sharing aja tentang jenis-jenis sepeda walaupun sebenarnya masih banyak jenis sepeda yang lain tapi sebenarnya kita tidak membahas detail tentang jenis sepeda karena ini hanya sedikit mukadimah saja :D

Ok kita lanjut ke pembahasan tentang bagaimana cara saya memilih sepeda

Sebelum kita memilih sepeda kita tentukan dulu variabelnya, misalnya budget kita berapa, terus daerah kita seperti apa

Pertama budget yang saya anggarakan sekitar 4 juta dengan aksesorinya, kedua daerah saya perpaduan antara jalanan beraspal dan jalanan tanah. Nah dari variabel itu setelah saya pikirkan saya mau memberli sepeda jenis hybrid karena cocok dengan kontur daerah saya. Saat pertama kali survey ke toko sepeda dengan teman, saya tertarik dengan full suspension karena dulu menurut saya semakin lengkap fitur sepeda itu maka sepeda itu semakin baik karena waktu itu saya belum memasukan karakteristik kontur daerah saya. Setelah saya bertanya ternyata yang full suspension untuk daerah perkotaan atau jalanan yang mulus itu kurang efektif karena saat kita mengayuh energi kayuhan itu tidak sepenuhnya tersalurkan karena ada yang terbuang oleh suspensi belakang. Karena itulah setelah dipikir-pikir lagi saya tidak memilih yang full seuspension. Tapi saya pun memilih beberapa jenis sepeda lain, diantaranya yang masuk kriteria saya :

1. POLYGON XTRADA
Keluarga Polygon Xtrada yang saya lihat dibrosur toko itu ada 3 yaitu Xtrada 3.0, Xtrada 4.0 dan Xtrada 5.0 dengan Polygon Xtrada 3.0 dan Xtrada 5.0 adalah keluarga Xtrada keluaran terbaru tahun 2013

xtrada

2. POLYGON  PREMIER

Keluarga Polygon PREMIER ada 3 sesuai dengan dibrosur yaitu Premier 2.0, Premier 3.0 dan Premier 4.0 dan semua keluarga Polygon Premier itu terbaru dengan keluaran tahun 2013

premier

3. POLYGON  HEIST

Keluarga Polygon Heist ada 5 sesuai dengan yang dibrosur yaitu Heist 1.0, Heist 2.0, Heist 3.0, Heist 4.0 dan Heist 5.0 dengan Heist 1.0, Heist 2.0 dan Heist 3.0 yang terbaru keluaran tahun 2013

heist

Setelah saya bandingan dan cermati jatulah pilihan saya ke sepeda jenis Hybrid Heist 3.0 karena masih terjangkau dan uangnya masih ada sisa untuk membeli beberapa aksesoris. Tapi pilihan itu berubah didetik-detik terakhir karena memang saya sekarang tinggal di Bandung tapi kalau saya kembali lagi ke daerah saya yang jalanannya tidak sebaik di Bandung dan daerah saya termasuk daerah yang bukan perkotaan dan terdapat jalanan perkampungan yang rusak, selain itu saya berpikir untuk jangka panjang jadi tidak digunakan untuk saat di Bandung saja makanya saya mengubah pilihan saya dan saya pilih sepeda Polygon Premier 4.0 dengan harga 2.995.000 dan alhamdulillah dengan harga yang relatif terjangkau saya bisa memberli aksesoris yang lumayan lengkap :D

Nah itu sedikit cerita saya dalam memilih sepeda, ya walaupun keinginan biasanya ingin membeli sepeda yang terbaik tapi ada daya kemampuan finansial belum sampai…hehe

Berikan Balasan

